Breaking News

Thursday 2 June 2016

Tips Cara Merawat Hp Android/Smartphone

Tips Cara Merawat Hp Android/Smartphone - Zaman sekarang HP merupakan barang yang mutlak dimiliki tiap individu, baik itu anak SD sampai orang Tua pasti membutuhkannya, handphone yang bisa bertahan sampai lama tentunya tergantung dari si pengguna hp itu sendiri apakah dia menerapkan cara merawat hp secara baik atau tidak.
cara-merawat-hp-android
Berbagai smartphone di dunia ini mempunyai berbagai macam bentuk dan sistem operasi yang berbeda dengan brand ataupun merk yang bermacam-macam pula. Jika anda pengguna smartphone tentunya anda tidak menginginkan perangkat anda cepat rusak serta tidak awet bukan? Oleh karena itu diperlukan tips dan cara merawat smartphone yang optimal untuk membuat smartphone anda agar tetap terlihat bagus luar-dalam serta menjalankan fungsinya dengan baik. Nah bagaimanakah cara merawat smartphone yang benar? Nah berikut ini tipsnya untuk Merawat Hp Android/Smartphone anda semua.

Tips Cara Merawat Hp Android/Smartphone

1. Jangan Sering Instal/Uninstal Aplikasi
Layaknya ponsel pada umumnya ponsel android juga memiliki kekurangan, hal tersebut sangat berlaku pada kinerja RAM. Karena bagaimana pun juga jika menginstal aplikasi pasti akan ada data yang tersimpan secara otomatis pada RAM walaupun ukurannya relatif kecil, dan ponsel yang suka instal atau uninstal aplikasi otomatis RAM-nya akan terus bekerja. Sehingga umurnya akan menjadi lebih pendek, dan yang paling sering terjadi adalah RAM rusak setelah itu kinerja ponsel akan sangat menurun terutama dalam kecepatan mengakses menu.

2. Merawat Layar Sentuh
Ponsel android terkenal dengan desainnya yang mengusung full touch screen alias sangat mengutamakan sentuhan pada layar untuk pengoprasiannya, disamping itu tidak semua ponsel android memiliki layar yang bagus dan jika disentuh secara kasar dapat mengurangi kecepatan respon layar ponsel. Oleh karenanya perlakukan ponsel android anda dengan lembut, agar respon sentuhannya tetap seperti ketika pertama kali baru digunakan.

3. Listrik Statis
Listrik statis dapat disebabkan oleh kain, plastik ataupun yang lainnya, listrik statis sendiri sangat berbahaya bagi ponsel android yang umumnya mengusung full touch screen. Karena ponsel yang biasanya diletakan pada saku celana secara tidak sengaja akan terkan listrik statis akibat gesekan dengan kain celana, dan akibatnya adalah respon layar akan semakin menurun dan tidak jarang sampai layarnya harus diganti akibat sudah tidak responsip lagi. Oleh karena itu jika anda memiliki ponsel android dan suka membawa ponsel kemana saja. maka ada baiknya menggunakan dompet atau tempat ponsel lainnya yang tidak bisa. menimbulkan listrik statis

4. Baterai
Yang terpenting dalam ponsel android adalah baterainya, dimana ponsel yang kaya fitur ini haus akan baterai. Jika anda memiliki ponsel android pastinya anda tahu seberapa boros ponsel android, karena orang yang memiliki ponsel android sendiri mengaku mereka bisa melakukan pengisian ulang baterai 2 sampai 3 kali perhari. Jadi bisa dibayangkan jiaka baterai ponsel anda drop pastinya bisa melakukan pengisian ulang sampai 5 kali perhari, oleh karenanya ada baiknya anda merawat baterai ponsel anda. Caranya cukup mudah, jika baterai habis silakan non aktifkan ponsel dan lakukan pengisian ulang. Selain itu anda tidak boleh menggunakan ponsel anda ketika sedang melakukan pengisian baterai, karena hal ini dapat membuat ponsel panas dan merusak komponen penting pada ponsel.

  • Dari Sisi Hardware
Layar tampilan:
1. Gunakanlah screen protector atau plastik antik gores pada layar handphone.
2. Jauhkanlah handphone dari benda-benda yang mengandung medan magnet seperti radio, televisi, dan benda-benda lain yang mengandung magnet.
3. Usahakan layar LCD tidak dalam keadaan kotor, dan jika layar itu kotor bersihkanlah dengan menggunakan tissue atau kain yang halus.
4. Gunakanlah jari telunjuk untuk menggunakan layar, jangan menggunakan kuku untuk mengusap layar ketika sedang menggunaka karena akan mengakibatkan layar tergores.
5. Hindarkan terkena sinar matahari secara langsung, karena akan merusak kualitas LCD tersebut.
6. Jangan menekan layar terlalu kencang, tekan layar sewajarnya saja.
7. Hindarkan dari tempat yang sempit dan menekan seperti saku celana jeans, karena akan cepat merusak layar LCD jika terlalu sering menerima tekanan.

  • Perawatan Body:
1.Pergunakan Android Secara Baik
Pergunakan android tersebut dengan baik, sayangi device anda tersebut. Karena jika device tidak diperlakukan dengan baik, bisa jadi anda menjadi rusak. Kalau rusak kan pastilah anda sendiri yang akan repot.

2.Jauhkan Android dari Benda-Benda yang Mengandung Elektromagnetik
Benda-benda elektromagnetik akan mengganggu fungsi frekuensi jaringan (sinyal) perangkat android anda dan dapat menyebabkan android anda tidak ada sinyal dan akan mengganggu fungsi android lainnya. Misalnya perangkat android anda dekatkan dengan speaker aktif atau tape radio, maka akan terdengar bunyi beep pada speaker yang disebabkan oleh frekuensi speaker dan HP saling bertabrakan.

3.Beri Aksesoris Pelindung Android
Perangkat android anda juga membutuhkan aksesoris yang dapat melindungi android anda dari benturan, percikan air, jatuh, panas, dan resiko lain. Beberapa aksesoris yang dapat melindungi android diantaranya yaitu sarung HP, Gantungan HP, Tali HP, Pelindung LCD Display, Casing yang bagus, dan lain-lain. Saya lebih menyarankan anda menggunakan softcase dibanding hardcase, sekalipun hardcase terlihat keren namun lebih optimal softcase dalam melindungi android anda, terlebih apabila anda sering melepas hardcase dengan alasan akan menganti kartu SIM/UIM. Hal ini akan menyebabkan adanya goresan pada cashing, selain itu ketika android anda tidak sengaja terbentur, maka softcase lebih optimal dalam memberi redaman dibanding hardcase. Selain itu pergunakan pelindung yang mempunyai system sirkulasi udara sehingga android anda tidak panas.

4.Bersihkan Android Anda Secara Berkala
Android yang kita gunakan setiap hari ada baiknya untuk dibersihkan dari debu yang menempel, dan juga supaya android menjadi lebih bersih dan tampil cerah seperti android baru.

5.Simpan Android Anda di Tempat yang Aman.
Menyimpan perangkat anda di tempat yang aman akan menghindarkan HP dari resiko pencurian, jatuh terbanting dan mencegah kehilangan HP barangkali saja anda lupa menaruh android.

6.Jangan Kena Air
Perangkat android jika terkena air akan mengalami konsleting pada sistem yang akan menyebabkan kerusakan permanen pada hardware android. Untuk itu hindarkan android supaya jauh dari jangkauan air.


7.Jauhkan Perangkat dari Jangkauan Anak-Anak
Anak-anak mungkin belum mengerti dengan perangkat android, kemungkinan besar anak-anak akan membanting android tersebut yang dikiranya perangkat itu adalah mainannya. Jadi jauhkan android anda dari jangkauan anak-anak.

8.Hindari Dari Hal Yang Menyebabkan Kerusakan Perangkat
Berbagai situasi dan kondisi dapat menyebabkan kerusakan, oleh karena itu silakan anda jauhkan android anda dari hal tersebut.



Semoga Bermanfaat.

No comments:

Post a Comment

Designed By