Sejarah Balap MotoGP
Siapa sih yang tidak kenal dengan ajang balapan kejuaran dunia ini yaitu
motogp, nah mungkin anda sedang mencari informasi yang membahas secara
detail mengenai sejarah motor gp…? kapankah ajang balapan motor ini
dimulai , kemudian kelas motor apa saja yang digunakan ,siapa saja
pembalap pembalapnya..? untuk itu artikel ini dibuat untuk mengenal
lebih jauh dan juga menambah wawasan tentang sejarah motoGP, langsung
saja yuk simak dibawah ini :
Sejarah dimulainya kejuaran balapan tingkat dunia yaitu diselenggarakan
pada tahun 1949, oleh Fédération Internationale de Motocyclisme (FIM).
Ya kurang lebih pada tahun tersebut ajang balap motoGP diadakan. FIM
adalah Badan tertinggi yang mengatur segala bentuk kegiatan balap motor.
Pegelaran ini telah diselenggarakan secara tradisional untuk beberapa
kelas motor berdasarkan kapasitas mesin dan juga kelas kelas Pada era GP
500 cc pada saat itu yaitu 50 cc, 125 cc , 225 cc , 350 cc dan 500 cc
untuk motor jenis single seater , serta 350 cc dan 500 cc untuk motor
sidecars.
Memasuki tahun 1950 sampai dengan 1960 motor yang menggunakan mesin 4
tak mendominasi seluruh kelas,. Nah pada akhir tahun 1960an motor
bermesin 2 tak mulai menguasai kelas kelas kecil, dan pada tahun 1970 an
motor yang bermesin 2 tak benar benar berhasil menyingkirkan motor yang
bermesin 4 tak.
Selanjutnya pada tahun 1979 honda berusaha mengembalikan mesin 4 tak
dijelas puncak dengan menurunkan motor model NR 500, namun proyek motor
ini gagal dan bahkan kurang lebih pada tahun 1983 honda berhasil meraih
kemenangan dengan motor 500 cc 4 tak miliknya.
Pada tahun 1983 untuk kelas motor 350 cc akhirnya dihapuskan , kelas
50 cc kemudian digantikan dengan oleh kelas motor 80 cc pada tahun 1984,
tetapi untuk kelas yang paling banyak didominasi yaitu oleh pembalap
dari spanyol dan italia ini akhirnya ditiadakan kurang lebih pada tahun
1990.
Untuk kelas sidecars juga ditiadakan dari kejuaran dunia ditahun 1990
yang menyisakan kelas motor bermesin 125 cc , 250 cc dan kelas motor
mesin 500cc. GP 500 , kelas yang menjadi puncak balap motor grand
prix,telah berubah secara drasmatis pada tahun 2002.
Kurang lebih dipertengahan tahun 1970 an sampai tahun 2001 kelas
puncak dari balap GP ini dibatasi 3 silinder dan kapasitas mesin yang
digunakan yaitu 500 cc , baik jenis motor bermesin 4 tak dan juga 2 tak.
Akibatnya yang mampu bertahan adalah mesin 2 tak , karena mesin motor 2
tak itu memiliki tenaga dan juga akselerasi yang lebih besar.
Pada tahun 2002 sampai tahun 2006 untuk pertama kalinya pabrikan di
izinkan untuk memperbesar kapasitas mesinnya untuk mesin 4 tak menjadi
maksimum 990 cc dan berubah menjadi 800 cc pada musim tahun 2007.
Pabrikan juga diberikan kebebasan untuk memilih jumlah silinder yang
digunakan yaitu antara tiga sampai enam silinder dengan batas berat
tertentu. Dengan dibolehkanya motor 4 tak yang memiliki kapasitas mesin
tak ber cc besar tersebut maka kelas GP 500 diubah namanya menjadi
MotoGP. Setelah tahun 2003 tidak ada lagi mesin 2 tak yang turun dalam
ajang balap kelas motoGP. Untuk kelas balap mesin 125 cc dan 250 cc
secara khusus masih menggunakan mesin kelas 2 tak.
Berikut Daftar Juara GP 500cc
- Leslie Graham ( AJS ) Th 1949
- Umberto Masetti ( Norton ) Th 1950
- Geoff Duke ( Norton ) Th 1951
- Umberto Masetti ( Gilera ) Th 1952
- Geoff Duke ( Gilera ) Th 1953.1954,1955
- John Surtes ( MV Agusta ) Th 1956
- Liber Liberati ( Gilera ) 1957
- John Surtes ( MV Agusta ) Th 1958, 1959, 1960
- Gary Hocking ( MV Agusta ) Th 1961
- Mike Hailwood ( MV Agusta ) Th 1962, 1963,1964,1965
- Giacomo Agostini ( MV Agusta ) Th 1966,1967,1968,1969,1970,1971,1972
- Phill Read ( MV Agusta ) Th 1973, 1974
- Giacomo Agostini ( Yamaha ) Th 1975
- Barry Sheene ( Suzuki ) 1976, 1977
- Kenny Roberts ( Yamaha ) Th 1978,1979,1980
- Marco Lucchinelli ( Suzuki ) Th, 1981
- Franco Uncini ( Suzuki ) Th 1982
- Freddie Spencer ( Honda ) Th 1983
- Eddie Lawson ( Yamaha ) Th 1984
- Freddie Spencer ( Honda ) Th 1985
- Eddie Lawson ( Yamaha ) Th 1986
- Wayne Gardner (Honda) Th 1987
- Eddie Lawson ( Yamaha ) Th 1988, 1989
- Wayne Rainey ( Yamaha ) Th 1990,1991,1992
- Kevin Schwantz (Suzuki) Th 1993
- Michael Doohan (Honda) Th 1994,1995,1996,1997,1998
- Àlex Crivillé (Honda) Th 1999
- Kenny Roberts, Jr. (Suzuki) Th 2000
- Valentino Rossi (Honda) Th 2001
Berikut Daftar Juara MotoGP 990cc
- Valentino Rossi Th. 2002 ( Honda )
- Valentino Rossi Th. 2003 ( Honda )
- Valentino Rossi Th. 2004 (Yamaha)
- Valentino Rossi Th. 2005 (Yamaha)
- Nicky Hayden Th. 2006 (Honda)
Era motoGP mesin 800 cc dimulai pada tahun 2007 dengan format yang
baru dan berubah menjadi 800 cc dari sebelumnya 990 cc yang sudah saya
sampaikan sebelumnya. Disini pabrikan dibolehkan /diberi kebebasan untuk
memilih jumlah silinder yang digunakan antara tiga sampai enam. Dengan
dibolehkan motor 4 tak yang tak ber cc besar tersebut maka namanya
dirubah menjadi motoGP.
Kurang lebih seperti itu sejarah singkat mengenai perjalanan motoGP
yang sering kita lihat di tv dari zaman dulu sampai sekarang hehe.
Dengan lebih mengenal dan menambah wawasan mengenai perkembangan olah
raga balap motor ini semoga bisa memberikan manfaat untuk kita semuanya.
Jika ada yang kurang bisa menambahkan dengan berkomentar dibawah ini.
Demikian informasi yang membahas mengnai Mengenal Sejarah Pejalanan Balap MotoGP, semoga
bermanfaat jangan lupa juga untuk like, share dan comment agar lebih
banyak orang yang mendapatkan manfaat dari artikel diatas.
No comments:
Post a Comment